Langsung ke konten utama

Hanya Bisa Mengantar Tapi Belum Bisa Memilih


sumber foto : Makassar.id

Sebagaimana tradisi di Jawa kata teman saya, orang bertamu apalagi sampai dipersilahkan bermalam sampai berhari-hari, rasanya kurang enak bila sebelum pulang tidak menyisihkan sesuatu untuk diberikan ke tuan rumah sebagai bentuk rasa terima kasih meskipun tuan rumah sendiri tidak berharap demikian. Tapi namanya tradisi yang berasaskan kepatutan hendaknya diberikan walaupun dalam bentuk apa barang itu.
Setelah berhasil disepakati, dipilihlah membeli buah untuk diberikan ke bu Tini dan Sembako buat Bu Tri. Mengapa tidak dipukul rata atau diperlakukan sama ? bukan tanpa pertimbangan kami mengambil sikap sedemikian. Berhubung bu Tini seorang pedagang, warungnya termasuk besar. Maka dimusyawarahkan untuk dibelikan buah-buahan. Sementara bu Tri dibelikan kebutuhan dapur atau Sembilan bahan pokok kalau orang menyebutnya alias sembako.
Malam harinya Fina dan Nia sudah merancang untuk membeli apa saja besok harinya di pasar, sebelum kita berpamitan pulang. Saya serahkan kepada mereka yang memang lebih tahu urusan sembako. Soalnya saya pribadi memang belum pernah mengurus hal-hal demikian. Meskipun di pondok pernah berurusan dengan urusan masak-masak atau mayoran kalau Bahasa santri. tapi untuk membeli kebutuhan pokok ada teman saya yang memang ditugasi untuk membeli, mereka cukup hafal warung dimana tempat jualan sembako.
Selama ada harga lebih murah, maka disana mereka membelinya. Masih teringat di benak saya, bila ingin masak bareng, saya di pondok bagian tugas bakar terong, ngupas bawang, memelintir cabe dan tomat. Setiap masak bersama, tugas ini tidak luput saya kerjakan. Tentu kerja sama dengan teman santri seperjuangan juga.
Di tengah malam sebelum tidur, kita sepakat untuk ke pasarnya jam 06 pagi. Waktu itu sangat pagi sekali. Mereka meragukan saya apakah bisa bagun atau tidak jam segitu. Saya mencoba meyaqinkan mereka kalau saya paling akhir bangun jam 06.00 tidak lebih. Mau tidur jam berapun itu, sebelum jam 06.00 insyaallah dipastikan bangun. Kecuali hari minggu seperti cerita sebelumnya.
Tepat jam 06.00 saya bermain ke tempat mereka tinggal yaitu di rumah Bu Tri untuk bersiap siap ke pasar di waktu yang telah disepakati. Sementara Arif sedang tidur di kamar, saya ajak bilangnya tidak ikut ke pasar. Jadinya bertiga kami kesana dengan Fina dan Nia. Fina mengasih tahu hasil rancanganya ke saya yang akan dibeli di pasar. Saya baca satu-satu rancanganya apa saja yang akan dibelnya dengan mimik wajah terlihat kesoktahuan, namun Tanpa basa-basi saya iyakan saja menyesuaikan dengan pendapat mereka. karena memang tidak mengerti.
Pagi hari pasar sudah mulai ramai dari tawar menawar antara penjual dan pembeli, persaingan antar penjual tidak sampai menaruh pandang elok dan menjatuhkan lawan saingnya. Mereka duduk sama rendah sambil menunggu pelanggan. Kalau ada pembeli mereka bersyukur kalau tidak, berarti bukan rizkinya. Kata mereka.
Si Fina dan Nia sibuk dengan barang yang dibelinya di pasar, mereka mulai memilih dan memilah barang sesuai rancanganya tadi malam. Saya hanya mengamati kesibukan mereka berdialog dengan penjualnya. Saya mencoba keluar sebentar dari toko itu, tolah-toleh ke kanan kiri, melihat orang berlalu lalang sambil memikul barang yang sudah dibelinya. Anak kecil sedang manja meminta dibelikan mainan pada orang tuanya, orang tua pun menuruti kemauan sang anak tersebut. Keramaian di pasar menyenangkan diamati.
Setelah semuanya beres terbeli, tanpa disuruh oleh Fina dan Nia, saya pikul barang hasil belianya itu. maklum saya bisanya mengantar dan membawanya tapi tidak bisa merancang dan menentukan pilihan dalam soal urusan dapur. (ink) 17/11/18

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Genap Setahun Pengabdian

  Tepat 1 Februari 2022 lalu, saya memulai pengabdian di YIMA Islamic School setelah melewati rangkaian test dan prosedural sesuai ketetapan lembaga sebagaimana yang juga diberlakukan terhadap calon pegawai yang lain.   Bergabungnya saya di YIMA diperkarsai perintah salah satu orang yang perintah dan larangannya harus saya patuhi sehingga saya tidak berbuat banyak menanggapi hal tersebut. Padahal di waktu bersamaan saya menerima pemprosesan di salah satu tempat di Surabaya dan proses penerimaan di salah satu lembaga di Sidoarjo. Saya pun melewati rangkaian tahap demi tahap hingga sampai pada proses yang hampir mendekati final. Saya hanya berkesimpulan, di manapun insyallah jalan terbaik. Namun orang yang memerintah saya itu bersikukuh meminta saya untuk tinggal di Bondowoso setelah merantau selama hampir 12 tahun lamanya di kota orang, akhirnya YIMA yang saat ini saya berada di dalamnya menjadi pilihan. Dengan ridho seorang itu, akhirnya saya meyakinkan hati untuk memulai penge

Bagaimana Berkomunikasi ?

  Saya menganalisis dan mengutip beberapa bagian hasil pelatihan skill komunikasi tempo lalu yang saya coba kerucutkan menurut analisis saya sendiri, paling tidak dalam konteks yang secara pribadi saya alami sebagai makhluk sosial.   Sengaja saya mengawali tulisan ini dengan sebuah pertanyaan “Bagaimana Berkomunikasi?” Sebab dalam berkomunikasi dengan siapapun, kita akan berhadapan beragam hal, situasi, kondisi, lawan bicara yang beragam karakter, mood komunikan, bahasa, kultur, waktu, tempat atau hal kompleks yang lain, sehingga yang kita butuhkan adalah mode dan cara komunikasi apa yang sebaiknya diaplikasikan menghadapi kejadian apapun dengan siapapun.   Maka tidak ada yang baku dan permanen suatu mode komunikasi diterapkan pada kasus tertentu. Sehingga menurut saya, mode dan cara berkomunikasi belum tentu bisa diterapkan secara sama pada kejadian maupun kasus yang serupa, apalagi berbeda terhadap orang yang berbeda pula. Seperti halnya pancingan respond saya terhadap kelompok

MENJADI GURU

Sehari sebelum tanggal peringatan hari guru nasional 2023, beberapa siswa datang ke saya mengutarakan permohonannya untuk merayakan hari guru bersama guru di kelasnya masing-masing. Saya tidak bertanya banyak perayaan seperti apa yang direncakan anak berusia kelas SD tersebut untuk mengenang moment hari guru itu. Saya hanya menimpali pertanyaan kepada mereka. Kapan pelaksanaan hari guru itu? Spontanitas mereka menjawab, “25 November”. Jawabnya penuh semangat. Pertanyaan berikutnya kenapa ada perayaan hari guru? Jawaban mereka beragam, namun keberagaman itu masih satu keutuhan yang menggambarkan peran guru, paling tidak sesuai pengalaman siswa SD tersebut bersama gurunya . “Karena guru adalah yang mengajarkan ilmu” , "Karena guru yang mengajarkan al qur'an",   “Karena guru yang mendidik soal budi pekerti yang baik”, “ Karena guru mengajarkan untuk membiasakan membuang sampah pada tempatnya”. Kurang lebih begitu jawaban sederhana mereka secara beragam. Pertanyaan se